Ads 720 x 90

Komputer Kebal Virus Dengan Deep Freeze

kenzowfix – “Sepandai-pandainya polisi, lebih akil pencuri”. Itulah istilah yang sering dipakai di masyarakat tentang “kepintaran” seorang pencuri dalam “memperbaharui” keahliannya.. Begitu pula halnya dengan pencuri, virus juga demikian, dibuatkan vaksin yang hebat pun, komputer masih juga usang-kelamaan akan jebol juga. Artikel kali ini akan membahas perihal Anti Virus dengan teknik pembekuan komputer, teknik ini menciptakan komputer selalu dalam keadaan “perawan” dari perubahan-perubahan yang tidak kita inginkan. Menutur saya, ini yakni tehnik kekebaran komputer yang cukup cantik untuk diterapkan pada lingkungan Warnet dan Organisasi. 


Bagaimana sistem kerja dari anti virus ini ?, mari kita simak bahasannya :

“Bekukan” komputer dengan Deep Freeze 
Deep Freeze merupakan software yang berfungsi untuk menjaga komputer Anda tetap dalam kondisi awal. Apa pun perubahan yang terjadi sesudah komputer “dibekukan” oleh Deep Freeze, perubahan tersebut akan hilang setelah komputer direboot. 

Misalnyanya, komputer Anda terjangkit virus atau terjadi perubahan konfigurasi yang tidak diinginkan atau bahkan error. Karena Anda sudah menginstall Deep Freeze, maka ketika direboot, komputer akan kembali ke kondisi semula laksana sebelum terkena virus atau error. Apapun perubahan yang terjadi (termasuk masuknya virus) pada ketika komputer dalam kondisi “beku”, perubahan tersebut akan hilang sehabis komputer direboot. Komputer akan kembali ke kondisi semula sebelum terjadi perubahan tersebut.


Keunggulan & Kekurangan Deep Freeze 

Keunggulan Deep Freeze 
Selama dalam kondisi “beku” (frozen), apapun perubahan yang terjadi (virus, konfigurasi komputer, maupun registry), Deep Freeze dapat mengembalikannya ke keadaan normal. 

Menurut produsennya, Faronics, dengan memakai Deep Freeze, Anda dapat menghemat biaya perawatan komputer sampai 63%. 

Cocok dipakai untuk jaringan komputer mirip warnet, sekolah, maupun kantor. Pada tempat-kawasan tersebut ada banyak orang yang mengakses komputer. Dan dari sekian banyak orang tersebut, mampu saja ada orang iseng yang mengutak-atik komputer. Dalam hal ini Deep Freeze akan sangat membantu.


Kekurangan Deep Freeze 
- jikalau Anda lupa password, komputer akan terus dalam keadaan frozen. Perubahan apapun yang Anda lakukan (install software, update antivirus, dll) akan hilang dikala restart. Satu-satunya solusi jika lupa password yakni install ulang komputer. 

- jikalau Anda seteknik tidak sengaja menyimpan dokumen di drive yang dilindungi Deep Freeze, dokumen tersebut akan hilang ketika komputer direboot. 

- Untuk pemakai komputer desktop tanpa UPS, jikalau listrik datang-datang mati, dokumen yang belum tersimpan akan hilang. Deep Freeze mencegah fungsi recovery file saving. 

- Untuk menginstall aplikasi baru atau update antivirus, Deep Freeze harus dinonaktifkan dahulu. Saat dinonaktifkan, komputer tetap akan terpapar ancaman virus dll. 

- Deep Freeze tidak mencegah terjadinya fragmentasi hard disk. Perlu Anda ketahui, hard disk yang terfragmentasi merupakan salah satu penyebab komputer lambat. Untuk melaksanakan defragmentasi, Anda harus menonaktifkan Deep Freeze.


Installasi, Uninstall, dan Cara Menggunakan Deep Freeze 

Cara Install Deep Freeze 

- Download installernya di sini (+serial number). 

- jikalau Anda mendownload dari sumber kedua, ekstrak dengan Winrar atau aplikasi kompresi lainnya. 

- Double klik “DFStd.exe”. Pada layar pertama, klik “Next”. Berikutnya akan ada jendela “End-User License Agreement”. Klik “I accept….”, lalu klik “Next”. Berikutnya isikan serial numbernya. Jangan centang “Use Evaluation”.


- Pada tampilan lalunya, pilih drive yang akan Anda perlindungan dengan Deep Freeze. Saran aku, hanya pilih drive C sebab drive C lah yang merupakan “jantung” komputer Anda, tempat di mana OS berada. jikalau Anda juga menentukan drive lainnya, Anda harus menonaktifkan Deep Freeze tiap kali Anda menyimpan file di drive tersebut. Terlalu repot.


- Setelah menentukan drive yang ingin diproteksi, klik “Next”. Berikutnya klik “Install”. Tunggu proses installasi tamat. 


Cara Menggunakan Deep Freeze 

Cara memakai Deep Freeze sendiri tergolong mudah. Untuk mengatur kapan komputer dalam keadaan frozen (Deep Freeze aktif) atau thawed (Deep Freeze tidak aktif), cukup akses jendela konfigurasi Deep Freeze. Caranya, tekan tombol Ctrl+Shift+Alt+F6.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter