Ads 720 x 90

Sudah Aktifkah Firewall Anda ?

kenzowfix - Saat berselancar di dunia maya, ada satu pembatas yang menjadi pengaman komputer. Inilah yang disebut dengan firewall. Firewall inilah yang menjadi dinding pembatas antara komputer kita dengan komputer lain yang terhubung melalui internet. Oleh alasannya itu, peran firewall amatlah penting. Agar pemakai lain tidak mampu dengan gampang masuk ke komputer Anda dan mengobok-obok isi komputer atau bahkan mencoba perusakan. 

Konfigurasi firewall pada Windows tidaklah rumit mirip yang kita bayangkan. Hanya sejumblah step yang dibutuhkan untuk memasang sistem pengamanan internal ini agar komputera nda aman dari pemakaian yang tidak sah dari pemakai lain di jaringan komputer. Beberapa pengaturan dibawah ini yang perlu anda ketahui. 

Firewall yaitu bab dari sistem keamanan, pada setiap komputer atau jaringan. Fungsi Firewall dirancang untuk memblokir setiap terusan yang tidak sah dan hanya mengizinkan komunikasi resmi, dalam proses otentikasi sistem keamanan komputer. Ketika seseorang ingin menerapkan sistem keamanan komputer atau jaringan. 

Eksis dua jenis sistem keamanan jaringan komputer, yang dapat diimplementasikan, anda dapat memilih hardware firewall atau perangkat lunak firewall. Keduanya dapat melindungi komputer dari susukan tidak sah. Semua pesan, yang memasuki atau meninggalkan komputer atau intranet harus melalui penyaringan firewall. Masing-masing pesan ini diseleksi, jika pesan tidak memenuhi kriteria keamanan komputer tertentu maka akan diblokir. Firewall untuk windows diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam Windows XP, yang dirancang sebagai Firewall Sambungan Internet. Tapi dikala itu kebanyakan anggapan orang menganggap sebagai komponen Windows yang rendah dan itu dan tidak cukup mekepunyaani kegunaan besar di antara pemakai. Salah satu duduk perkara utama Firewall yakni masalah ketaknormalan yang disandangnya di sejumlah besar komputer yang berbasis Windows unpatched menjadi korban serangan acak dari aneka macam malware, laksana worm, trojan horse, dll. Karena peristiwa pertama firewall tersebut, Microsoft memutuskan untuk merilis built-in firewall pada sistem operasi komputer rilis lalunya, saat built-in firewall diluncurkan pada Windows XP SP2 dan iapun berganti nama menjadi Windows Firewall. Sejumlah fitur ditambahkan ke firewall Windows Vista, namun setelah Windows Vista bermasalah, maka versi gres dirilis dengan Windows 7 dan digelar sebagai firewall Windows 7. Konfigurasu firewall Windows 7 dirancang seteknik otomatis berjalan seteknik default ketika windows dijalankan. 


Konfigurasi Aktif Windows Firewall 
jikalau Anda berfikir untuk mengaktifkan Windows Firewall, Anda tidak perlu mengambil step apapun, sebab konfigurasi firewall sudah berjalan seteknik default untuk agenda seteknik umum dikuasai yang diblokir dari komunikasi melalui Firewall. Dalam hal program tertentu, jika Anda ingin mengizinkan untuk berkomunikasi melalui Firewall, maka di butuhkan perubahan dalam pengaturan dan menambahkannya ke daftar agenda yang diperbolehkan. 


Konfigurasi Blok Koneksi Firewall 
Dengan blok koneksi, Anda dapat memblokir semua koneksi masuk, termasuk koneksi, yang termasuk dalam daftar program yang diperbolehkan. Karena untuk pengaturan ini, setiap upaya yang tidak dimenagih untuk menyambung ke komputer Anda akan diblokir. Eksis derma yang maksimal untuk komputer Anda, ketika menghubungkan ke jaringan publik di hotel atau Bandar Udara, jikalau Anda memakai pilihan blok koneksi. Hal ini juga menguntungkan, dikala ada worm komputer yang telah menyebar melalui jaringan Internet. Ketika pengaturan ini diaktifkan, Anda akan tidak diberitahu, jikalau agenda tertentu diblokir oleh Windows Firewall atau agenda di dalam daftar agenda yang diizinkan diabaikan. Akantetapi, bahkan jikalau Anda memblokir semua koneksi masuk, Anda tidak akan menghadapi persoalan, mirip Anda masih mampu meperhatikan sebagian besar halaman web, mengirim dan mendapatkan e-mail serta mengirim dan menerima pesan instan. 

Notifications (Pemberitahuan) Eksis pilihan yang disebut “Notify Me” (beritahu aku), ketika Windows Firewall memblok program baru’, jika Anda menilik kotak, setiap kali sebuah program baru akan diblokir oleh firewall, Anda akan diberitahu. Juga ada pilihan pada konfigurasi firewall untuk blokir program dan pengecualian blokir agenda.


Firewall ini memonitor paket informasi yang kemudian-lalang di komputer. Sebab itu, tidak perlu heran jikalau terkadang di komputer ada pesan bahwa firewall mem-blok agenda tertentu. Itu artinya, firewall mewaspadai program tersebut tidak aman atau mungkin berbahaya bagi komputer. 

Gampangnya, kira-kira fungsi firewall mirip pak satpam di perumahan cluster yang akan menanyai setiap orang yang hendak masuk daerah perumahan. 

Firewall sendiri ada di hardware dan software. Di operating system mirip windows merupakan teladan software yang mekepunyaani firewall. Untuk hardware, acuan firewall pada router. 

Untuk mengetahui apakah firewall komputer sudah aktif atau sekaligus mengaktifkan/menonaktifkann firewall pada Windows, lalu step-stepnya. 

Cara mengaktifkan Firewall Komputer di Windows XP Di windows XP, firewall hadir di Windows XP 2 yang seteknik default sudah aktif. Untuk mengeceknya, buka Start > Control Panel > Security Center.


Di bawah Manage security settings for, click Windows Firewall.


Pada kotak Windows Firewall, pastikan pilihan On terpilih. Ini artinya firewall Windows XP sudah aktif. Klik Ok.


Cara mengaktifkan Firewall Komputer di Windows Vista 
Untuk komputer yang memakai Windows Vista, teknik mengaktifkan firewall dengan klik tombol Start >Control Panel.


Di kotak pencarian ketikkan “firewall” dan klik Windows Firewall.


jikalau Windows Firewall sudah aktif akan tertulis “Windows Firewall is on”. Sedang jika belum, bisa diaktifkan dengan mengklik “Change Settings”.


Pilih On pada kotak Windows Firewall Settings.


Cara mengaktifkan Firewall Komputer di Windows 7 

Buka Control Panel.


Ketikkan firewall dan klik Windows Firewall.


Klik Turn Windows Firewall on atau off.


Benarkan Windows Firewall terpilih On baik unttuk pilihan Home or work network atau Public networks. Klik ok.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter